15 November 2018

List Persiapan Melahirkan (dari pengalamanku)

Hai...Hai... lagi rajin negokin blog nih, mungkin karena ingin berbagi pengalaman yang berharga.
Pernah ngga bikin list untuk keperluanmu, kalau saya selalu bikin, even cuma mau berpergian 3hari sekalipun, entahlah kebiasaan, selalu prepare (anak wedok banget ya) terlebih kalau mau pergi sama si kecil (pritilannya ngalahin bawaan kita sendiri, ya ga sih).

Apalagi bikin list sebelum melahirkan (semoga ga pamali ya, secara saya masih hamil muda -again- haha)...
Percakapan bersama suami mengingatkan kalau persiapan untuk bikin list persiapan melahirkan, buruan bikin disiapin, keburu lairan ntar belum siap-siap (kayak sebelumnya H+2 baru beli-beli barang, jadi kado buat baby kepakai semua hehhe tks ya buat yang ngado...).
Biasanya di rumkit sudah disiapin buat baby newborn kita, dan untuk keperluan pupak tali pusar jadi untuk yg ini ngga perlu terlalu heboh.

Estimasi keperluan di rumkit (stay 3 hari)
Keperluan Ibu :
1. Buku Riwayat di rumkit (klo kamu pindah-pidah rumkit usahain bukunya ngga ganti2, gpp bawa buku dari rumkit lain kok)
2. Daster kancing depan 3-5setel (usahakan yang longgar, klo sempit ntar susah buka tutup buat menyusui) kalo kurang siapin lagi di rumah, biar keluarga yang atur.
3. Underwear : 6 pasang (bra menyusui biar ga kendor #antikendor2klub)
4. Sarung : 1 stel (bebas mau bawa atau ngga jika daster cukup ya udah skip aja)
5. Baju pulang dari rumkit : 1 stel
6. Pembalut nifas : 1 pack (biasanya disediain rumkit, buat jaga-jaga klo ngga disediain)
7. Korset : 1 pasang (penting nih, tapi klo kamu sc mgkn ditanya dulu ke suster/dokternya ya)
8. Breast pump (sudah disteril) dan botol penampung asip -klo bisa botol kaca tutup rubber itu ya-, cupfeeder, tas asip (menyesuaikan aja, karena abis lairan asi masih sesuai kebutuhan baby). Gak sampe luber-luber..... tapi kamu harus sedia BP sendiri biar higienis, dan inget ini kolostrum awal yang kuning-kuning itu penting banget buat di kuras biar produksi ASI mu kemudian hari meningkat. Jangan Malas ya, pengalamanku kalau awal2 di rumkit ini harus pumping biar ASI mu produksi terus. Dulu, saya pumping langsung setelah anak lairan, sambil Direct Breastfeeding, kan ngga ngapa2in, ya udah nonton tv di kamar sambil pumping, eh ASIp Alhamdulillah tuh....
9. Minyak kayu putih, Yleo (apapun yang bikin kamu nyaman aja deh, komik juga boleh dibawa wkwkwk)
10. Alat kosmetik : 1 dompet (penting biar foto after maternity supaya layak diposting di socmed -hahahaha-)
11. Sendal jepit anti selip : 1 pasang (kalo perlu ke rumkit dari rumah pakai jepit ini aja, ga perlu yang heels ya, inget ini lairan sis, bukan nge-moll)
12. Iketan rambut : secukupnya
13. Bergo instan : 2 pasang (buat muslimah sholihah, ya walaupun pas lairan harus ngeden kaki ngankang tapi untuk kebutuhan diliat biar enak siapin ya sis)
14. Plastik baju kotor dan tas untuk ke rumkit siapin yang nyaman dan instlye hehehe....
15. Snack/Minuman : boleh bawa, boleh ngga secara makanan di rumkit udah banyak banget -pagi susu-telur-snack, sarapan nasi lengkap, siang ada lagi, snack sore, malam ada lagi, udah cukup banget sih.... tapi klo mau nyemil misal cemilan buat busui gpp kok, anggap reward buat pulihkan tenaga kamu abis lairan)

Keperluan Baby :
1. Baju newborn : 1 stel untuk pulang (kalo kamu pingin di rs pakai baju sendiri, bawa 3-5 pasang, beri nama dan beri tau suster rumkitnya)
2. Kaos dalam baby : 1 stel untuk pulang (idem diatas jika mau pakai baju sendiri pas di rumkit)
3. Sarung tangan, topi dan kaos kaki baby : 1 pasang
4. Diapers newborn : seperlunya, karena di rumkit disediakan, jangan pakai popok kain, repot kalo di rumkit, ga ada yang nyuciin sis....
5. Bedong baby : 1-2 pair
6. Minyak telon, kapas bulet basahin pakai air (taruh tmpt seperti tepak/locknlock gitu lho -ini buat klo baby pipis/iik-)
7. Selimut baby dan gendongan kain, atau stroller (tapi menurutku lebih kepakai gendongan biasa aja)

Keperluan Keluarga yang jaga :
1. Alat sholat (mukena dan sajadah)
2. Baju tidur / baju ganti : 3 pasang (sekalian underwarenya jgn lupa)
3. Alat mandi : secukupnya (karena untuk ibu dan baby biasanya dari rumkit disediakan, kalo mau bawa sendiri gpp kali yaaa)
4. Snack dan minuman : secukupnya. (kalo ibuku-nenek dari anakku-bawa kopi dan gelas sendiri dari rumah, kayak mau kemping lah pokoknya, segala ada, cakepppp)
5. Bawa charger hape (jika beda-beda hapenya ini juga dibawain buat ibu bayi ya!) dan bawa powerbank jika perlu.
6. Handuk (kalau bisa sih ada yang nginep di rumkit, klo ngga ada ya gpp pulang pergi, yang penting support buat ibu baru yaaa)
7. Dompet, dan surat nikah untuk urus akte kelahiran atau surat keterangan lahir (sama biaya untuk rumkit disediakan, jika asuransi maka kartu dll nya siapin)
8. Obat-obatan pribadi

Keperluan Anak (jika mau ikut nginep di rumkit) :
1. Baju Ganti : 2 pasang
2. Dalaman dan underwear : 2 pasang
3. Susu dan snack
4. Alat mandi si kakak
5. Handuk si kakak
6. Alat sholat si kakak berikut sajadahnya
7. Selimut.

Semuanya diatas pisahin menjadi :
1 tas ibu
1 tas keluarga jaga
1 tas si kakak
1 tas snack (hehehe...)

Demikian list persiapan melahirkan telah saya susun sedemikian pentingnya, jika ada saran, komentar, atau mau nambahin list, silahkan tulis di kolom komentar.

Senangnya 1 post ber-faedah di hari ini, sekian dari blogger senin-kamis ini, see you gaes.... hahahaha cheers....

Ilustrasi Tas Persiapan Melahirkan 
(source : google)


Tidak ada komentar: