29 Januari 2020

Waktu Perah Asip Dan Waktu Simpannya

Wait, jangan mikir aneh-aneh dulu ya guys...
Era sekarang itu, ayah mendukung asi lebih keren lho....
Masa laki-laki ngurusin asi sih? Lho lho lho.... ngga gitu juga. Tetap tugas ayah mendukung dan memperhatikan kebutuhan dari Ibu yang memerah asip (air susu ibu perah).
Peran daddy untuk Ibu bisa seperti dukungan untuk menyusui bayi sejak dilahirkan. Inget ya, abis lairan, asi si Ibu gak akan langsung ngucur, sesuai kebutuhan perut bayi. Bahkan ada yang belum keluar. Saya mengalaminya saat lahiran anak kedua, baru keluar asi setelah 20 jam setelah lahiran. Hampir 24 jam, sy pun tak tidur setelah melahirkan karena berusaha terus untuk mengeluarkan si golden liquid ini. Lelah? iya pake banget, minum air putih hangat yang banyak, kurangin teh atau kopi. Dan waktu itu diberikan lacta mama (pelancar asi) dari dokter. Kemudian asipun ngucur, sambil menyusui langsung (direct breatfeeding) aku pun mompa asi.
Kebutuhan asi bayi sesuai kapasitas lambung bayi.
Dimana usia 0 hari masih butuh 7-10 mililiter (se-cherry atau kelereng)
Usia 3 hari masih butuh 22-27 mililiter (se-walnut atau bola pingpong)
Usia 7 hari membutuhkan 40-60 mililiter (se-Apricot atau telur ayam kampung) (sumber : aimi-asi.org dan www.babiesfirstlactation.com)
Nah, kebayangkan kecil banget lhoh... jangan langsung di minumin 100ml pun, klo asi kita ngucur, disimpan aja dulu, karena dengan penyimpanan yang baik, Asip bisa tahan hingga 3 bulan lhoh...
Gimana cara simpannya ?
Asip baru banget diperah akan tahan 2 Jam suhu ruangan (25-30degree celcius) Tips : klo misal lebih dari 2 jam, usahakan cek bau asip jika akan diminumkan ke bayi, untuk sisa asip yang tidak terminum habis, sebaiknya tidak diberikan pada bayi, tapi kalau moms eman2 (eh opo ya kok eman2) kalau saya sih ya, sy masukan chiller (kulkas biasa) dan diberikan ke bayi tidak lebih dari 24 jam (dihangatkan dulu dengan cara direndam air hangat atau pakai alat milk warmer bayi). (Disclamer : ini tidak disarankan oleh idai ataupun aimi tapi karena saya merasa sayang2 mompa kok dibuang, dan tidak ada indikasi apa2 ke bayi saya ya, tapi sebaiknya memberikan asip sesuai kebutuhan bayi.)
Jangan memberikan asip dengan berlebihan, misalnya umur bayi 1 bulan, diberikan asip di botol dot 200ml, gak akan habis, trus nanti di kulkas (chiller) trus diberikan lagi, gara2 tulisan saya, NO ya, sebaiknya tetap berikan Asip sesuai kapasitas minum Asip pada bayi. Contoh : Bayi 2 bulan, diberikan Asip 80ml persekali minum.
Asip di simpan pada kulkas 1 pintu , tahan 2 minggu-an
Asip di simpan pada kulkas 2 pintu , tahan 1-2 bulan-an , ada juga yang menuliskan bisa 3 bulan
Asip di simpan kulkas frezzer khusus (atau deep frezzer) bisa 3-6 bulan. gitu ya moms






28 Januari 2019

Fetomaternal 2019

Apa itu Fetomaternal ?
Fetomaternal adalah Sub-Spesialis dari bidang Kebidanan dan penyakit Kandungan
Pernahkah bumil bertanya apa perlunya melakukan fetomaternal ?
Hmm tiap trimester (yaitu trimester 1,2 dan 3) sebaiknya bumil cek laboratorium ya, fungsinya untuk mengetahui kondisi tubuh saat hamil. Bagi yang pertama kali hamil, kalian bisa tanya ke dsog kalian untuk perlunya cek lab ini (biasanya darah rutin dan urin saja kok). Bagi yang hamil kedua, ketiga, keempat atau kelima (ngga diterusin karena kebanyakan kalo sampe ke-enam), kalian perlu juga cek lab darah rutin dan urin ini, bisa mulai T2 dan T3 (saya masuk kategori ini , cek lab baru T2, walopun baiknya tiap trimester yaaaa). Lalu hasil lab ini lah yang perlu ditindaklanjuti jika hasil lab ada tanda **) (artinya indikasi dibawah normal atau diatas normal). Inilah yang membawa saya ke pemeriksaan Fetomaternal.... Atau ada indikasi khusus yang perlu diketahui oleh DSOG kamu ya....

Hasil laboratorium darah sy ternyata ada 2 yang dibawah rata-rata, yaitu Hb dan Trombosit. Untuk urine indikasi bakteri positive (yang ternyata karena kurang minum sehingga menimbulkan bakteri, kirain karena cebok kurang bersih Ups?!). Karena kondisi darah sepertinya akan berubah sewaktu-waktu, Yes? Jadi ngga perlu panik dulu. Cuma sedari awal saya sudah membidik untuk minta rujukan ke Fetomaternal untuk kehamilan sy ini. Bukan  untuk sekedar melihat wajah atau kelamin bayi ya.... No,No hasil Feto lebih daripada itu.

Pemeriksaan Fetomaternal untuk usia kandungan berapa minggu ?
Hmm ini beragam, misalnya ada indikasi memeriksaan awal T1, maka bisa saja dsog meminta pemeriksaan Fetomaternal pada T1 (4-12 weeks)pada kasus tertentu. Yang saya alami adalah pemeriksaan Feto pada 20-30 week. Biasanya dokter spesialis kebidanan akan merujuk Feto maksimal 30 weeks. Karena lebih dari itu bayi sudah besar sekali, pemeriksaan bisa saja kurang maksimal. (ini opini aku ya, jika memang dirujuk dsog diatas 30w coba aja tanyain kalo untuk pemeriksaan menyeluruh pada bayi di usia >30w).

Apa saja yang diperiksa saat Fetomaternal ?
Hampir keseluruhan tentang bayi, mulai dari Otak bayi (melihat kelainan down sindrome atau kelainan lainnya) Amit3x ya mums tapi lebih baik mengetahui sedari awal. Aliran darah bayi pada otak, jantung dan organ lainnya (aliran darah ini untuk mengetahui adanya kelainan/penyakit lainnya). Pemeriksaan jantung bayi, dicek mulai dari bilik ki-ka, aorta ki-ka dan katup jantung dan aliran darah pada jantung (Penting nih, ada anak temenku yang memiliki kelainan katub jantung, dan baru tau setelah 4bulan melahirkan). Amit3x semua mums maunya anak yang dikandungnya baik-baik saja dan sehat wal afiat. Tapi better kalo tau duluan, jadi kita tau harus bagaimana.... Ya gak sik?. Kelamin bayi dan organ kelamin (Kalo cew akan dicek rahimnya , makanya 20-30w adalah waktu yang tepat untuk Feto karena di 18w alat kelamin bayi sudah hampir sempurna. Kalo cow akan terlihat testis dan monas, karena ngga ada rahim jadi ya monas ini pertandanya.). Dan bekas sc pada dinding rahim (bagi kehamilan kedua) karena bekas sc ini penting untuk di cek ya sobatku, karena nantinya akan menentukan boleh vbac atau sc lagi in a reason. Dan cek tali pusar bayi, letak placenta/pangapuran placenta, air ketuban dll. Dan banyak lagi sebenarnya tapi karena kami bertiga Feto-nya pas malam hari (jam 22 baru masuk pemeriksaan) jadinya agak kurang nanya-nanya, pemeriksaan Feto sekitar 25 menit-an.

Hasil pemeriksaan berupa foto 4D (tapi ini bukan utamanya pemeriksaan yaaaa) tampak depan(muka atas) , tampak bawah, samping ki-ka atas-bawah, dan tabel hasil pemeriksaan berupa grafik-grafik. Yang inti dari pemeriksaan semua jika grafik debay berada pada range tengah-tengah grafik, maka hasilnya baik/normal semua ya mums.

Pemeriksaan Fetomaternal dimana ya ?
Di rumah sakit yang ada layanan Fetomaternal atau RSIA (rumah sakit ibu dan anak) di kota Anda!

Siapa yang melakukan Fetomaternal, apakah dsog kita atau khusus?
Ternyata yang melakukan Fetomaternal adalah dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan yang mengambil setivikat Fetomaternal, jadi seperti kuliah spesialis khusus bersertivikat gichu mums... Ngga smua dsog bisa melakukan Fetomaternal. 

Biaya Fetomaternal dan dimana Fetomaternal di Depok ?
Beda-beda tiap RSIA, RS, Klinik Ibu dan Anak. Untuk gambaran saja, sy melakukan Fetomaternal di RS Bunda Margonda dengan kisaran 1,5jt (termasuk dokter dan hasil USG Fetomaternal), dokternya Dr. Novi Resistantie.SpOG (K). Rata-rata antara 800 rb sd 1,8 jt (tergantung RS-nya ya). Denger-denger sih Feto di RSPAD gatot subroto sekitar 800ribu (termasuk jasa dokter dan hasil fetomaternal). Untuk Jadwal dokter yang praktek di sub-spesialis Fetomaternal ini bisa menghubungi RS terkait ya mums....
Kalau di depok yang bisa Fetomaternal itu RS Hermina Depok (jl siliwangi -depok), RSIA Bunda Aliyah (jl kartini), RS Bunda Margonda, RS Mitra Keluarga (Margonda). Untuk Klinik nya sy belum dapat info, begitu juga RSUD Depok belum dapat info bisa Fetomaternal.


Tulisan ini berdasarkan pengalaman ku ya mums dan sedikit hasil searchingku mengenai Fetomaternal. Opini maupun isi tulisan tidak untuk patokan kesehatan. Semoga membantu bagi yang memerlukan.

Terakhir spoiler penampakan debay 27w -ku ya hihi... Jadi ngga sabar ketemu debay nih.... Love u nak... Mums smile.


 Tampak muka (mirip anak pertama)



Berat 1,063 kg di 27weeks 


15 November 2018

List Persiapan Melahirkan (dari pengalamanku)

Hai...Hai... lagi rajin negokin blog nih, mungkin karena ingin berbagi pengalaman yang berharga.
Pernah ngga bikin list untuk keperluanmu, kalau saya selalu bikin, even cuma mau berpergian 3hari sekalipun, entahlah kebiasaan, selalu prepare (anak wedok banget ya) terlebih kalau mau pergi sama si kecil (pritilannya ngalahin bawaan kita sendiri, ya ga sih).

Apalagi bikin list sebelum melahirkan (semoga ga pamali ya, secara saya masih hamil muda -again- haha)...
Percakapan bersama suami mengingatkan kalau persiapan untuk bikin list persiapan melahirkan, buruan bikin disiapin, keburu lairan ntar belum siap-siap (kayak sebelumnya H+2 baru beli-beli barang, jadi kado buat baby kepakai semua hehhe tks ya buat yang ngado...).
Biasanya di rumkit sudah disiapin buat baby newborn kita, dan untuk keperluan pupak tali pusar jadi untuk yg ini ngga perlu terlalu heboh.

Estimasi keperluan di rumkit (stay 3 hari)
Keperluan Ibu :
1. Buku Riwayat di rumkit (klo kamu pindah-pidah rumkit usahain bukunya ngga ganti2, gpp bawa buku dari rumkit lain kok)
2. Daster kancing depan 3-5setel (usahakan yang longgar, klo sempit ntar susah buka tutup buat menyusui) kalo kurang siapin lagi di rumah, biar keluarga yang atur.
3. Underwear : 6 pasang (bra menyusui biar ga kendor #antikendor2klub)
4. Sarung : 1 stel (bebas mau bawa atau ngga jika daster cukup ya udah skip aja)
5. Baju pulang dari rumkit : 1 stel
6. Pembalut nifas : 1 pack (biasanya disediain rumkit, buat jaga-jaga klo ngga disediain)
7. Korset : 1 pasang (penting nih, tapi klo kamu sc mgkn ditanya dulu ke suster/dokternya ya)
8. Breast pump (sudah disteril) dan botol penampung asip -klo bisa botol kaca tutup rubber itu ya-, cupfeeder, tas asip (menyesuaikan aja, karena abis lairan asi masih sesuai kebutuhan baby). Gak sampe luber-luber..... tapi kamu harus sedia BP sendiri biar higienis, dan inget ini kolostrum awal yang kuning-kuning itu penting banget buat di kuras biar produksi ASI mu kemudian hari meningkat. Jangan Malas ya, pengalamanku kalau awal2 di rumkit ini harus pumping biar ASI mu produksi terus. Dulu, saya pumping langsung setelah anak lairan, sambil Direct Breastfeeding, kan ngga ngapa2in, ya udah nonton tv di kamar sambil pumping, eh ASIp Alhamdulillah tuh....
9. Minyak kayu putih, Yleo (apapun yang bikin kamu nyaman aja deh, komik juga boleh dibawa wkwkwk)
10. Alat kosmetik : 1 dompet (penting biar foto after maternity supaya layak diposting di socmed -hahahaha-)
11. Sendal jepit anti selip : 1 pasang (kalo perlu ke rumkit dari rumah pakai jepit ini aja, ga perlu yang heels ya, inget ini lairan sis, bukan nge-moll)
12. Iketan rambut : secukupnya
13. Bergo instan : 2 pasang (buat muslimah sholihah, ya walaupun pas lairan harus ngeden kaki ngankang tapi untuk kebutuhan diliat biar enak siapin ya sis)
14. Plastik baju kotor dan tas untuk ke rumkit siapin yang nyaman dan instlye hehehe....
15. Snack/Minuman : boleh bawa, boleh ngga secara makanan di rumkit udah banyak banget -pagi susu-telur-snack, sarapan nasi lengkap, siang ada lagi, snack sore, malam ada lagi, udah cukup banget sih.... tapi klo mau nyemil misal cemilan buat busui gpp kok, anggap reward buat pulihkan tenaga kamu abis lairan)

Keperluan Baby :
1. Baju newborn : 1 stel untuk pulang (kalo kamu pingin di rs pakai baju sendiri, bawa 3-5 pasang, beri nama dan beri tau suster rumkitnya)
2. Kaos dalam baby : 1 stel untuk pulang (idem diatas jika mau pakai baju sendiri pas di rumkit)
3. Sarung tangan, topi dan kaos kaki baby : 1 pasang
4. Diapers newborn : seperlunya, karena di rumkit disediakan, jangan pakai popok kain, repot kalo di rumkit, ga ada yang nyuciin sis....
5. Bedong baby : 1-2 pair
6. Minyak telon, kapas bulet basahin pakai air (taruh tmpt seperti tepak/locknlock gitu lho -ini buat klo baby pipis/iik-)
7. Selimut baby dan gendongan kain, atau stroller (tapi menurutku lebih kepakai gendongan biasa aja)

Keperluan Keluarga yang jaga :
1. Alat sholat (mukena dan sajadah)
2. Baju tidur / baju ganti : 3 pasang (sekalian underwarenya jgn lupa)
3. Alat mandi : secukupnya (karena untuk ibu dan baby biasanya dari rumkit disediakan, kalo mau bawa sendiri gpp kali yaaa)
4. Snack dan minuman : secukupnya. (kalo ibuku-nenek dari anakku-bawa kopi dan gelas sendiri dari rumah, kayak mau kemping lah pokoknya, segala ada, cakepppp)
5. Bawa charger hape (jika beda-beda hapenya ini juga dibawain buat ibu bayi ya!) dan bawa powerbank jika perlu.
6. Handuk (kalau bisa sih ada yang nginep di rumkit, klo ngga ada ya gpp pulang pergi, yang penting support buat ibu baru yaaa)
7. Dompet, dan surat nikah untuk urus akte kelahiran atau surat keterangan lahir (sama biaya untuk rumkit disediakan, jika asuransi maka kartu dll nya siapin)
8. Obat-obatan pribadi

Keperluan Anak (jika mau ikut nginep di rumkit) :
1. Baju Ganti : 2 pasang
2. Dalaman dan underwear : 2 pasang
3. Susu dan snack
4. Alat mandi si kakak
5. Handuk si kakak
6. Alat sholat si kakak berikut sajadahnya
7. Selimut.

Semuanya diatas pisahin menjadi :
1 tas ibu
1 tas keluarga jaga
1 tas si kakak
1 tas snack (hehehe...)

Demikian list persiapan melahirkan telah saya susun sedemikian pentingnya, jika ada saran, komentar, atau mau nambahin list, silahkan tulis di kolom komentar.

Senangnya 1 post ber-faedah di hari ini, sekian dari blogger senin-kamis ini, see you gaes.... hahahaha cheers....

Ilustrasi Tas Persiapan Melahirkan 
(source : google)


9 November 2018

Gala Premier Pertamaku Film "Hanum dan Rangga"

Saat itu..... saya menerima undangan untuk menjadi orang pertama yang nonton film "Hanum dan Rangga" besitan MD Entertaiment langsung dari Pak Rangga - nya. Wah senang sekali apalagi diminta untuk mengajak temen-temen blogger lainnya, dengan gercep - nya saya menghubungi para blogger yang masih incontact (maklumlah saya ini blogger senin-kemis belum pro apalagi jika amateur, jauuuuh dari kata-kata itu). Banyak yang tertarik tapi rata-rata berada di luar kota Jakarta (karena sayapun anak rantau, jadi kenalan juga blogger rantau wkwkwk). Long story in short story, saya pun bergegas ke Plaza Indonesia dengan kendaraan hijau-hijau yang fenomenal saat ini.... yak, naik Go-Jek wkwkwk anti macet dan pas setelah hujan berhenti, sejuk, semesta mendukung.... Sesampainya lokasi, mall ring-1 ini menyambutku dengan ramah.... hehehe maklum anaknya kumus-kumus abis pelatian dan foto-foto di lapangan. 

Selasa, 6 Nopember 2018 Hari bersejarah buat saya, betapa tidak (kliatan noraknya hahaha) saya nonton Gala Premier Film  "Hanum dan Rangga" Faith and The City saya langsung ambil tiket dan masuk teater 3 karena pintu teater 3 telah dibuka.... Lupa beli cemilan pikirku, ini kan film drama, mungkin aku akan terbuai ngantuk karena hari itu saya cukup lelah. Cuplikan film dimulai, ada yang horor (tetep ya favorite di Indonesia) dan film horor lagi (jadi ada 2 cuplikan film horor, satunya horor Indonesia, satunya Horor Asing). Lalu Filmnya mulai, beberapa orang yang datang terlambat berseliweran, menganggu kekhimadan menonton film..... Cerita awalnya tentang keluarga Rangga yang akan ke Vienna dan pamitan dengan sahabat karib mereka Aziza, wait2 Aziza ini siapa? Inget ngga dulu difilm 99 Cahaya di Langit Eropa, ada korban 9/11 yang menjadi narasumber Hanum, Yak.... ingetkan kan? Kalo suka nonton sih pasti inget sekarang ..... (Maksa amat haha).
Kemudian konflik dimulai dimana hanum mendapat tawaran magang di kantor berita GNTV. Disini lah konfik dimulai. Film genre drama yang memiliki alur cerita yang Apik ini sangat layak ditonton, apalagi yang pernah galau kerja didunia media (Uhuk3x). Pasti memahami apa itu kepentingan rating, konten, berita yang menjadi sorotan publik dsb. Hanum sebagai jurnalis dan passion jiwanya ke dunia reporter sangatlah tertantang akan pekerjaan ini, walaupun dia benci intrik sang Big Boss yang diperankan oleh Arifin Putra. 

Dalam peran antagonisnya, Arifin Putra malah menarik perhatian saya, dia mirip pemilik media dimana saya pernah bekerja (dulu). Mirip sekali, ambisi, gila kerja, time is working time, no family time, kadang hangout dengan kami para pekerjaannya sambil bawa istri (mungkin sekalian family time ya), almost spending time at office, kadang mikir istri buat apa ya, kok ngga pernah ditengokin (Yak saya julid). Okeh babe, lanjut lagi yak......

Selain peran antagonis yang apik diperankan oleh Arifin Putra, saya sebenernya tertarik ke kalimat "Would the world be better with Islam?" dan terjawab di akhir film - nya, so kamu harus tonton film ini. Alur cerita apik, pemeran sangat baik berperan sesuai perannya, walaupun kalo liat aktingnya Titi Kamal agak kurang ngegigit deh. Tapi dibungkus dengan cerita yang sangat menyentuh hati, sukses bikin penonton Baper se-Baper-Baper-nya..... (ngga lebay karena emang bikin baper cui)

Menurutku film keluarga ini layak ditonton oleh seluruh keluarga karena after merrid romance-nya dapet banget. Kamu harus nonton ya sama pasangan, kaka, ade, pacar juga boleh kok..... 
Gala Premier Film "Hanum dan Rangga"
Saksikan Film-nya mulai 8 November 2018 di bioskop.
#Film #Drama #FilmKeren #AfterMeridRomance #HalalMovie 

15 Januari 2015

Penyebab Mulut Bau dan Cara Mengatasinya

Punya teman dengan mulut bau, ngga ? Atau malah pasangan kamu mulutnya bau ?
Mungkin akan sangat penting adalah mencari tau penyebabnya sebelum mencegah atau mengobati
Oke, first of all biar dikata tulisan sesuai dengan judul mari kita breakdown penyebab mulut bau guys! (cie sok gaul pake nulis guys segiling hahgahag)

Rongga Mulut Bermasalah
Bersarangnya kuman dan bakteri ini karena karang gigi maksimal bertengger di sela-sela gigi.
Luka pada mulut, ini sementara kali ya tapi ganggu juga.
Mulut kering akibat obat diuretik atau terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan.

Rokok
Nah ini noted untuk perokok, mulut mereka pasti bau karena tembakau yang bercampur dengan zat-zat lainnya.

Masalah Kesehatan
Sedang mengalami radang tengorokan (farangitis), infeksi mulut, sariawan dan bisa jadi infeksi lainnya. Refluks asam, diabetes, intoleransi laktosa, kembung atau bisa jadi mengindap penyakit hati atau usus juga bisa sih (tapi saya awam untuk mendetailkan better konsul ke yang lebih ahli).
Mengkonsumsi Obat-obatan (antihistamin dan diuretik atau juga suntik insulin)

Cara mengatasi Bau Mulut :
- Menyikat gigi dengan benar, 3 kali sehari (atau lebih)
- Minum jeruk nipis hangat setelah bangun tidur
- Konsumsi buah-buahan di Pagi hari
- Kumur-kumur dengan air daun sirih yang diremas-remas lalu direbus dengan air matang. Tidak perlu terlalu banyak daun sirihnya, yang penting cukup untuk 2x sehari
- Makan permen karet mint, hehe ini mirip seperti diiklan-iklan tapi ampuh untuk mengatasi mulut bau secara instan tidak permanen atau hanya saat permen dikunyah saja.

Beberapa yang saya tulis hanya berupa opini dan beberapa sumber tulisan dari blog lain.
Semoga bermanfaat kawan.