15 Januari 2015

Penyebab Mulut Bau dan Cara Mengatasinya

Punya teman dengan mulut bau, ngga ? Atau malah pasangan kamu mulutnya bau ?
Mungkin akan sangat penting adalah mencari tau penyebabnya sebelum mencegah atau mengobati
Oke, first of all biar dikata tulisan sesuai dengan judul mari kita breakdown penyebab mulut bau guys! (cie sok gaul pake nulis guys segiling hahgahag)

Rongga Mulut Bermasalah
Bersarangnya kuman dan bakteri ini karena karang gigi maksimal bertengger di sela-sela gigi.
Luka pada mulut, ini sementara kali ya tapi ganggu juga.
Mulut kering akibat obat diuretik atau terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan.

Rokok
Nah ini noted untuk perokok, mulut mereka pasti bau karena tembakau yang bercampur dengan zat-zat lainnya.

Masalah Kesehatan
Sedang mengalami radang tengorokan (farangitis), infeksi mulut, sariawan dan bisa jadi infeksi lainnya. Refluks asam, diabetes, intoleransi laktosa, kembung atau bisa jadi mengindap penyakit hati atau usus juga bisa sih (tapi saya awam untuk mendetailkan better konsul ke yang lebih ahli).
Mengkonsumsi Obat-obatan (antihistamin dan diuretik atau juga suntik insulin)

Cara mengatasi Bau Mulut :
- Menyikat gigi dengan benar, 3 kali sehari (atau lebih)
- Minum jeruk nipis hangat setelah bangun tidur
- Konsumsi buah-buahan di Pagi hari
- Kumur-kumur dengan air daun sirih yang diremas-remas lalu direbus dengan air matang. Tidak perlu terlalu banyak daun sirihnya, yang penting cukup untuk 2x sehari
- Makan permen karet mint, hehe ini mirip seperti diiklan-iklan tapi ampuh untuk mengatasi mulut bau secara instan tidak permanen atau hanya saat permen dikunyah saja.

Beberapa yang saya tulis hanya berupa opini dan beberapa sumber tulisan dari blog lain.
Semoga bermanfaat kawan. 








22 Agustus 2014

Waktu-Waktu Memerah ASI dan Cara Mengatasi Perahan Sedikit plus curhatannya

Yuhuuu sudah berlalu 2 tahun lalu saat saya memulai memerah ASI untuk Afiqah (skrg 2 thn), jadi ceritanya diriku meng-ASI adalah hal yang tak disangka (krn sampai sekarang msh nenenin) awal saat hamil malah sibuk nyari merk susu untuk baby saat ditinggal kerja (uhuk sampe keselek), lalu sampailah di hari dimana merubah segalanya (mendadak flashback dg lagu khas film hollywood...halaaahh) aku menemukan buku AyahASI yang ternyata memberi edukASI yang besar manfaatnya dan membuat pikiranku berubah 180 derajat (yaealah kayak apaan coba haha). Awalnya aku sama sekali ga ngerti cara nyimpen ASI dll sampe baca-baca artikel dari AIMI ada di webnya tapi tetap aja ga ngeh (haduuhhh ini salah IQ kyknya hehehe) tetep lho bun aku ga mudeng blas..... Sampe suatu saat baca status BBM temen, "Alhamdulillah dede lulus S2...." aku chat dia, yang kebetulan ibu bekerja juga. D: Apaan sih itu lulus S2 say? tanyaku, dan si temen bales, T: Oh itu sebutan utk tetap memberikan ASI (tanpa susu formula/ susu bubuk) sampai dengan 1 tahun din....  D: We-O-We hebat banget, (makin penasaran) gimana caranya ngasi ASI sambil tetap bekerja? T: Di pompa din... D: pakai apa? T: Pakai pompa tapi aku pakai elektrik merk e medela D: Ooo, emg keluar ya dipompa T: Hahaha.... km bener2 ga ngerti ya? (dlm hati, iya ga ngerti blas) T: Jadi aku stok ASI din.... Pas cuti 3 bulan setelah melahirkan aku rajin mompa untuk minum babyku pas aku kerja, nah trus di tempat kerja aku mompa juga. Untuk stok selanjutnya dan begitu terus sampai 1 thn dan selama ini anakku minum (hanya) ASI tanpa susu tambahan lain. D: Oooo begitu.... .

Disitulah aku mulai mencari tau apa itu ASI, bagaimana mompa ASI dan pakai apa.... Sampai ke buku AyahASI yang menurutku disitu merubah pikiranku dimana ASI jauh lebih baik dari susu tambahan lainnya . Tapi saya tidak menyudutkan ya, bagi yang tidak lancar ASI atau karena sakit dan lain sebagainya (bukan males mompa ya hahaha) atau kondisi lainnya yang memang ngga bisa ngasi ASI, it's ok kok bun, jangan kecil ati, saat bunda bayi dulu saya yakin (jika ibunya bekerja) rata-rata dikasih susu tambahan juga, karena saya dulu juga minum ASI cuma sampai sekitar 5 bln dan bulan ke-6 udah dikasih susu tambahan, mamah kerja dan susah mompa ditempat kerja karena ga ngerti manfaat ASI jg atau mungkin dulu juga masih asing ya dengar orang ijin untuk mompa ASI. Bukan karena ikut-ikutan tren atau ingin seperti temenku di BBM tadi, aku membulatkan tekad akan beli alat pompa yang elektrik merk Medela jg krn setelah dibrowsing merk yang umum dipakai adalah medela, hiks mahal sih tapi ya ga semahal beli hape-lah (yang gw yakin hape lu minimal android 3jetian keatas deh...hahaha).

Alat pompa saat sy beli sekitar 700-ribuan ini alat pompa termurah keluaran medela jeng-jeng... haha alat pompanya berisik pulak. Kalo mompa di tempat kerja belicik bingit deh, oiya tempat kerjaku susah tempat mompa, bukan kantoran dengan gedung yang ramah dengan fasilitas lactasi dll. Lalu kalo mompa aku suka keluar kantor di kost temen (astagaaaa ampe gitu lho).

Waktu memompa saya dikantor : Jam 10 atau jam 11 lalu Jam 2 atau Jam 3 (kondisional sih bisa 2-3 kali gw mompa haha untungnya atasan ngasi kesempatan dan pengertian ke teman2 se-proyek supaya tidak ada kesenjangan sosial atas waktu menghilangnya saya disaat mompa, krn ini kan tempat kerja para laki ya kan, jadi lebih pengertian rupanya ya paling-paling saya dibully, sini mbak ta bantuin mompa, aahhaaahaaaa maksud ngana??? hehhee tapi krn akunya suka nge-bully jadi ya ga usah tersinggunglah anggap aja hiburan biar ga steress bun, kalo stres bikin seret). Untuk memperlancar, setiap pagi dari setelah melahirkan saya memijat payudara 30 kali gerakan setiap mandi pagi dan sore, pas mau mompa juga, dikit aja sih paling 10 kali gerakan (untuk gerakannya googling aja ya, atau ikut senam hamil biasanya diajarin kok). 

Hasil perahan bukan patokan!. Percayalah sayapun mulai membeli pompa medela tadi pas melahirkan gara-garanya payudara penuh hingga perlu dipompa, trus dibelikan botol sama suami, alat pompa minjam hospital (ini ternyata tidak dianjurkan lho bun, meminjam alat pompa krn bisa menyeberkan kuman atau bakteri gitu lho coba googling aja, tapi karena saat itu belum dibeliin suami, ya sudah terpaksalah...) alat pompa di hospital elektrik medela tapi segede gaban ada box biru seperti radio jaman dulu (hahaha). 
Dan hasil perahan pertama saya adalah 30 ml saja (sumpah ini cuma basahin pantat botol doang) hiks, tapi suster di hospital itu bilang sih, kalo awal-awal melahirkan memang sedikit kok bunda, kan kebutuhan bayi juga cuma 40ml-an sehari. Ow oke baiklah, lalu mulailah membeli peralatan menyimpan ASI, botol kaca dan botol untuk memompa, breast shield, pad dll. 

Kemudian perjalanan menyimpan ASI, yang tak mudah, percayalah bahwa bayi selama 40 hari itu pasti rewel nangisan dan susah tidur malam, tidurnya siang.... jreng2x.... Ditambah lagi masih awal-awal newborn baby, belum ngertilah gimana2nya jadi mommy, sampe babyblues gara2 pas malam2 yang lain tidur gw mesti bangun tiap 60 menit untuk nyusuin selama 30 menit dan itu sampe jam 5-6 pagi baru Afiqah tidurnya nyenyak (this is true story) huaaaaa nangis ala penyanyi india pegangan pohon sambil tutupan kain sarinya. 
Akhirnya kubuatkan pola mompa sambil tetap menyusui langsung si Afiqah, Pagi saat dia tidur pulas aku mompa dan disimpan di lemari es (bawah) sampai suhunya kira-kira sama kucampur jadi 1 botol, saat itu dapetnya kisaran 60 ml (udah nyolong-nyolong waktu tuh untuk mompa dan sebisa mungkin ga berisik, krn pompa gw murahan jadi berisiknya kyk mesin traktor (kata tmn gw hahaha) apalagi Afiqah boboknya ga bisa belicik sodara-sodara, padahal Apartemen kecil, kentut aja kedengaran kok apalagi mompa. Yak lengkaplah penderitaanku! hahaha). Tapi Alhamdulillah tuh 60 mL bisa membuat aku istirahat lebih lama, jadi kuberdayakan suami (yang sedang off - cuti) untuk gantian bangun dan ngangetin ASIku itu (pake air anget setelah dikeluarin dari lemari es ya bun, ini yang ngatur suami jadi ASI pas dikeluarin dari lemari es jangan langsung diangetin tapi dibiarkan sampe ngembun botolnya dan agak ilang dinginnya baru di celupkan gelas isi air panas-itu caraku-it's up to you metodenya) ini supaya aku bisa tidur selama 2-2,5 jam sampai Afiqah nangis lagi untuk minta ASI. Begitulah kira-kira hehe, Nah mulai lancar-lancarnya setelah 40 hari-an.
Jadi bisa mompa pagi  dini hari kira-kira jam 1 an deh, sambil nonton hbo atau startv aku mompa, bangun dini hari sepertiga malam (halah) aku terbangun sendiri seperti ada yang ngebangunin padahal ngga ada. Embuh lah mungkin aku halusinasi (hahaha) tapi niatnya itu lhooo kalo bukan karena semangat Afiqah mungkin juga ga bisa kebangun, ehtapi waktu itu berasa sih, PD-keras dan cekot-cekot jadi mau ga mau mesti bangun and mompa sambil nyemil dan minum air putih anget hehehe ini andalan and ampuh bgt untuk mensugesti ASI cepet keluarnya (LDR).

LDR (Lead Down Refleks) artinya asi keluar dengan deras dan banyak sekali sehingga cepat penuh botol penampungannya hehehe dulu sih ya aku ingetnya sampe ganti botol dalam keadaan mompa jadi ASI-ku sekali mompa saja bisa 300mL lebih deh, ampun itu ngeri sekaliiii haahhaaa kebayang ga mompa sampe ganti botol piye iku carane (but it's true story). Emang itu bukan patokan jadi ngga selalu begitu dan kalo bunda ngga segitu jugak jangan berkecil hati, karena banyak faktor, babyku cewek mungkin saat itu nen-nya sedang sedikit, lalu tidurnya lama dan pulas. Aku juga ngga selalu 300mL keles.... hahaha (virus keles merajalela). Oiya kalo dikantor biasanya dapat 150mL-an tapi lama-lama cuma 100mL an. Pas Afiqah 9 month Asi-ku seret jreng2x.... closing proyek dan hectic bgt suasananya. Lalu seret, mompa cuma netes-netes dan hasilnya kisaran 50 mL ajah. Jadi stock pun berkurang buanyak, tanpa pemasukan stock yang berarti, jadi gini kebutuhan bayi setelah makan itu memang lebih sedikit minum ASI-nya karena ada asupan mpasi (makanan pendamping ASI) tapi ya tetap semangat ya mompanya, pagi hari sebelum subuh mompa dulu, subuhan, masakin Afiqah (pake slowcooker ajib penyelemat anak bangsa), nyiapin buahnya di blender kecil (diblendernya pas Afiqah mulet-mulet mau melek matanya, jgn pas subuh diblenderin buah nya ntar malah benyek) barulah mandi untukku persiapan kembali bekerja. Pas mompa asi biasanya aku sambil denger music dan browsing biar ga bosen dan lebih rileks (tips mompa asi di kantor dari gw). 

Halangannya adaaaa aja... ASI SERET (damn) ini terjadi juga padaku. Cara mengembalikan ASI supaya lancar. Beberapa saat ku browsing adalah Pergi Shopping, Belanja, Pijet, Spa, Berenang, Olah raga (yoga, pilates,jogging dll). Nah aku coba tuh, keluar khusus untuk me time (demi ASI ya alasannya hahaha) shopping dan pijet di mom n jo. Lalu wow pas mompa dapet 100mL tanpa perlawanan berarti dan cepet ga sampe 30 menit (waktu mompa rata-rata gw 30-40 menit, hehe lama juga ya). 

Afiqah 11 bulan pas bulan puasa ramadhan (karena lahirnya bulan ramadhan thn lalunya) jadi untuk kali ini kau harus puasa. Puasa saat menyusui dan mompa, We-O-We deh rasanya.... lemes-lemes gimane gitu jeng-jeng... Tapi kubuatkan jadwal seperti ini : Saur makan seperti biasa (tambah susu herbalife) minum air putih 2-3 gelasan deh - Sore menjelang magrib (gw jogging bentar, persiapan mau ikut lomba lari hahaha) - Buka puasa (takjil dan air putih, kurma, cemilan dkk deh pokoknya) - Magriban - Tarawih (kl ga ya langsung makan seperti biasa) - Mau Tidur (minum susu herbalife+cemilan porsi kecil aja biar ga ndut hehe) Nah makanannya banyak kan? Jadi jangan takut menyusui sambil puasa atau puasa sambil menyusui hehehe.... Tenang, jika Tuhan menakdirkan anak titipannya diberi ASI sampai dengan 1 thn atau lebih pasti ada caranya. Dan ibadah kepadaNya pun tetap dijalankan. Alhamdulillah, ASI lancar dan Bismillah begitulah seterusnya untuk semua bunda out there yang sedang galau karena asi seret, bulan puasa atau sedang persiapan melahirkan. Is there any question, plis leave your comment karena banyak hal ngga bisa ditulis satu-persatu.

Peralatan untuk mompa ASI di kantor (dan perkiraan harganya hehehe mak-mak bgt) :
1. Pompa ASI (elektrik 700ribuan medela mini elektrik, harga sekarang mungkin 800-900an krn sy beli agustus 2012 pas fika lair hehe).
2. Botol medela (isi 3 botol 150mL, harganya 125ribuan deh lupa ane gan, belinya di PGC biar murah ahhaha).
3. Botol kaca tutup karet, atau seperti caraku, rajin beli YOU-C 1000 botol kacanya disimpen digodok(sterilin) trus beli tutup plastik nya gopek-an satunya (Kisaran 6000-an, tutupnya uc baru 500-an sebuah, atau beli punya gw ada yang masih baru kok gara-gara belinya kalap trus kebanyakan hahaha japri aja ya). Beli botol tergantung kebutuhan dan lemari es nya mampu nampung berapa botol. Pengalamanku (lemari es 2 pintu kecil dan 2 rak) maksimal 80 botol tapi susunannya rapi tapi bisa lebih juga kalo disumpal-sumpalin. Asumsi aja, beli 20-30 botol dulu (kan awal-awal belum melimpah juga) dulu sih ninggal kerja Afiqah aku nabung ASI sekitar 35-40 botol @90-100mL (tapi ada yg pake plastik kalo diasumsikan botol semua kisaran segitu setara 3,5 an Liter). Jadi modal beli botol kaca kira-kira 30 botol x 6.500 = 195 ribu
4. Tas pendingin untuk simpan ASI saat di kantor, sama es gel, di suatu seminar asi yang pernah gw ikutin, nyimpen ASI dengan pendingin Es Gel ini bisa tahan sampe 12 jam, kalo kantornya ga ada lemari es (menurut dokter Oey sih ASI tetap baik sampai 24 jam kok jadi ga harus panik kalo kantor bunda ga ada lemari es, cukup bawa es gel yang agak banyak aja ini sih kata dr Oey pengisi materi tsb). Gw beli di ACE Hardware yang selempang kecil ada depannya untuk bawa alat pompa, sengitku harga tasnya 150ribuan deh plus Ice gel nya kecil 2 biji (30ribuan satuya jd 60ribuan) trus beli yang gel biru kecil-kecil bisa di guntingi kayak air warna biru (agak mahal yg ini, tapi gw lupa kyknya 60ribuan apa ya ah anggaplah segitu). Berarti untuk tas ASI+es gel = 150+60+60 = 270 ribuan.
5. Plastik ASI, nah ini kata banyak orang ga baik untuk simpan ASI karena lemak ASI menempel di plastik, sekalipun plastik yang baik. Tapi kalo nanya dr Oey, ASI tetap baik no matter how you pumping (even in toilet) or storage.... (melegakan deh kalo ngobrol sama dr Oey ini, udah cantik-jawa banget pulak, and menurut dia semua baik krn ASI sangatlah baik believe me... no matter how you storage your ASI, intinya ASI loe tuh baik). Satu lagi percayalah bahwa kandungan ASI lebih dari dugaanmu jadi walaupun pake plastik kiloan pun ASI tetap baik kok. Harga plastik kiloan (ini juga steril kata dr Oey) murah meriah 5000 dapet 100 pcs, tapi saya pakai plastik khusus ASI sebungkusnya 40ribu isi 30pcs warnanya biru. Karena lemari es saya kecil (2 pintu tapi cilik) jadi pas ASI-ku melimpah ruah terpaksa menghemat tempat dengan plastik ASI ini, per plastik bisa ku isi 200-300mL jangan lebih dari 340mL karena bisa sobek plastiknya (pengalaman). Untuk Plastik bisa beli 2 bungkus jadi 80 ribuan.

Trus kita total sodara-sodara : 700.000+125.000+195.000+270.000+80.000 = 1.370.000 :D ga murah juga ya. Tapi tunggu kalo misal pakai susu bubuk, per bulan kata temen yang berhalangan meng-ASI bisa habis 2 kaleng@500 ribuan (ini kata tmn merk susu dibawah 1thn) = 1.000.000 /bulan dikali 12 bulan = 12 jeti setahun belum beli pampers-nya (lebih hemat ASI kan bun qiqiqi).

Baiklah ini post panjang banget kalo nulis blog di hari Jumat dan saat Freeday jadi semagat empat lima yaaa hahaha belum lagi temanya Afiqah hahaha..... Puanjang buanget deh..... Semoga bermanfaat ya!

Cheers, another story about me and one more posting... Yeey!

12 Agustus 2014

Ikutan Lomba Lari Gratisan, Independence Day 31 Agustus 2014

Kata siapa ikutan lomba lari ngabis-ngabisin duit haaa??? Buktinya ada lomba lari gratisan yang selalu ada tiap tahunnya. For example, 10K bulan juni kemarin, namanya Jakarta International 10K (8 Juni) penyelenggara Kementrian Olah Raga. Memang sih ya sebagian besar lomba lari yang sedang hits bingit di kota ini (sy di Jakarta, red) berbayar alias ga gratis (ya iyalah ya itukan lawan katanya aja, lama-lama sy rada-rada bego, ga kreatif, kelamaan duduk didepan laptop sambil update blog wkwkwk). Nah, biasanya berbayar berapa sih bu ?? Rata-rata lomba lari yang lagi nge-hits ini berbayar antara 100k-200k. Kalau diatas 200k, artinya lu kaya ikutan lomba mahal-mahal datang pagi-pagi and ga menang, wkwkwk kalau saya berharap dapet doorprice sepeda (biar kalo gowes ga minjem sepeda lagi, xixixi).
Saya pribadi hanya ikut lomba sesuai kemampuan kantong dan tidak maksain diri untuk ikutan semua event lomba lari (yang kebetulan sedang menjamur dan buanyak diselenggarakan). Sy udah ikutan lomba Mandirirun Oktober 2013, Mandirirun Maret 2014, Jakarta Maraton Okt 2013 (5K aja sih judulnya sih event marathon tapi ane cuma 5K cyn...), Green Run 2014 (Astra), IFEX 2014. Udah 5 (lima) lomba lari saya ikutin range biaya yang sudah sy keluarkan sekitar 500ribuan, dan saya dapet doorprice (hanya sekali) voucher belanja 100ribu hehehehe... (Ampun deh pake ditulis lhoh di blog). Tapi yang ga mungkin terbeli adalah kepuasan menyelesaikan lomba lari dan masuk garis finnish... (Rasanya kayak menang lomba sungguhan). Pengalaman lari yang paling deg-deg an adalah saat Mandirirun Okt 2013 karena itulah pertama kali saya ikutan lomba lari. Well, lari bukanlah hal baru buat saya, awalnya saya sering lari saat lulus SMA hmm jangan tanya tahunnya karena itu menyatakan bahwa sy hampir 30 thn (catet, hampiiirrrr!!! HAHA), karena kalo basket di kampus saya ga ada basket cewek. Dan waktu SMA olah raga saya ya basket, lari, softbol (yaelah baru main softbol 2kali aje disebut wkwkwk, sekalinya sama Donny Kusuma acara couching clinik, trus sekalinya lg jatuh ampe lengan dan lutut beset tak terkira lalu berhenti. Ok). Lalu kuliah, olah raga renang itupun kalo lagi ada duit aje (wkwkwk keseringan nonton uang saku abis, ikutan mroyek juga ga sering-sering gajian, jadi grader duitnya cair akhir semester trus buat liburan ke jogya, abis dah. Ok). Jadi intinya lari salah satu olah raga individual yang paling bisa dilakukan, asal tahan diliatin orang kampung gara-gara lu lewat rumahnya sambil lari-lari (pan gw tinggal di kampung pas di sby, yaelah iyee percaya maakkk wkwkwk). Nah, sebuah kisah tragis yang pernah saya alami, pernah diajakin sepedahan sama temen kampus, eya kira-kira sepedanya bisa minjem ga? (eya gw kebangetan, udah diajakin.. pake minjem sepeda segala, super ngerepotin, dan bikin orang lain males ngajakin gw gowes kali yak... abis itu selesai, ga ada ajakan gowes yang mampir, hahaha). Akhirnya, lagi-lagi lari merupakan pelabuhan terakhir yang (satu-satunya) saya bisa lakukan. Eeaaa, sepatu keds aja gw dikado ama temen SMA, hihihi hore ada sepatu orange yang keren and bisa jadi modal gegayaan (#ehem). Paling ga pasang headset lagu-lagu dangdut lari yang nge-beatnya pas buat lari (oiya, dengerin lagu itu sebenernya hanya alibi supaya ga kedengeran diomongin sama org di kampung, atau pura2 ga denger pas diajak ngobrol sama mas2 ignoran yang ganjen). Lalu jaman udah berubah, atau sy yang agak tau diri, lari pindah ke stadion (yang emang tempatnya orang olah raga). Kemudian berlanjut hobi lari di Bandung, agak gegayaan larinya di sabuga ITB, biar agak 'kuat' sama dinginnya bandung (agak norak ya, orang Surabaya lari pagi di Bandung ngga kuat sama 'dingin'nya kota kembang xixi) jadinya beli jaket and celana trainning warna senada (#uhuuukk). Lucunya sy punya cerita nih pas lari di Bandung, karena lari nya berangkat jam 5 an daaann kost-an (cewek) masih dikunci sama ibu kostnya, alhasil jadilah membangunkan ibu kost demi lari pagi (#eaaa). Ibu Kost yang juga janda cantik (info ini ignoran, mestinya ga perlu juga ditulis yaaa) jadi tau saya hobi menyelinap pagi-pagi untuk lari pagi and fitnes di sabuga (yg tempat fitnesnya bau keringet dan bikin mual mau muntah yeaks tapi murah well tahan-tahan aja ama baunya). Akhirnya setelah beberapa kali konsisten lari di sabuga, ibu kost mau ikutan (nemenin gw), ya udah sempet diajakin tapi emang dasarnya gw kurang peka, kalo lari ketinggalan mulu si ibu kost dan akhirnya ibu kost ga ngikut lari bareng gw (mungkin dia bete kali ya ditinggalin mulu ama gw, how knows...). But, akibat lari pagi itu berdampak menularnya wabah lari pagi di kost-an (cewek) saya di Bandung itu. Hihihi itulah virus lari pagi yang pernah berhasil saya tularkan ke penghuni kost-an (cewek) di Bandung.
Ada event gratisan lari bernama Independence Day 31 Agustus 2014 penyelengara paspampres hihihi... Ikutan yok 8K dan 17K untuk pilihan individual running. Ada juga untuk grub berisi 4 orang peserta dan ada juga event kostum terbaik. Well, Selamat berlomba ya man teman bloggers semua...

Cheers, Salam Olah Raga
xixi

11 Juli 2014

Another Story of My Life.

Mungkin aku sedang gundah. Mendadak ruwetnya muncul satu persatu. Dari nanny for my little one si pika piku sampe mudik lebaran dengan rombongan sirkus pikapiku yang jelas sih barang bawaan segambreng bok. Hihihi this nu life then fix it don't look back. Dulu mah bisa aja pulkam bawa tas jinjing 1 biji atau ransel 1 ajah... Sekarang : 1 tas isi baby stuff (anakku belum 2 tahun yah paling ga sebelum 5 Agustus, aman. Masih Infant haha bawa fotocopy akte kelahiran biar ga dikira ibu-ibu ngebokis umur anak biar bayar lebih murah, ahhhh) lalu 1 tas isi bajuku dan baju bayi (lagi-lagi pasti banyakan baju bayi deh) emaknya cuci gantung bisa deh. Belum lagi bawa diapers hellooo beli disono bisa jg sih tapi kan males ya kalo udah nyampe rumah enyak mah enaknya selonjoran nikmatin rumah luas.... Karena tempat tinggal saya di jakarta, adalah apartemen kecil jadi susah selonjor hahaha.... Dulu mah suka bilang rsss rumah susah sekali selonjor. Nah sekarang saya baru mengalaminya.... Hihihi ga apa2 demi hidup, kami akan berjuang (halaaaahhh) Perjuangan Mudik dimulai dari beli tiket pesawat yang super mahalnyo, lalu perjuangan membawa barang bawaan yang seabreg.
Lalu hari ini bete. Pinginnya nelan orang pake air putih hahaha, sabar sabar... karena kita puasa. Puasa romadhon kali ini seperti tahun lalu. Ganti nanny for my little one. Nyari orang buat ikut kerja untuk jaga baby tuh gampang-sulit juga. Gampang kalo lagi beruntung. Sulit kalo lagi kena apes, ketipu sama lpk atau yayasan bs abal2 demi menghemat 100-200 ribu tapi kena tipu, ah itu mah udah kuno. Beberapa agen penyalur tenaga kerja pernah saya kontak dan ga semua abal2 kok. Intinya sih, japri aja ke teman-teman yang pernah menggunakan jasa penyalur tenaga kerja. Baiknya sih masih ada hubungan keluarga gitu, tapi kalo memang ga ada ya sudah terpaksa juga pakai penyalur. Sama orang yang ngikut kita, saran saya sih : jangan terlalu pelit sama BS atau ART tapi juga jangan terlalu baik, kalo udah keliatan menyimpang ato kurang ajar perlu tuh kita marahin kalo ga entar malah jadi ngatur kita lagi.


20 Mei 2014

Feeling Guilty

This smokey morning, i dediciate to write again...
Hahaha sekian kemalasan menumpuk, begitu juga cerita" apika dan mami yang seru" terlewatkan. But anyway, gimana sih caranya posting vidio di blogspot ??!?! Mau posting vidio apiki xixixi apa tanda vidio diatas itu berfungsi, well i don't know, never try it x) tapi agak aneh ya, nulis dengan judul feeling guilty tapi nulis blog dan posting vidio. Ahahaha. Ini ceritanya : Saya baru saja hijrah kembali ke rutinitas yang you khow what and you know how, i'm in project again! Damn, hate it but love it too hahaha.... Karena kegilaan dan kewarasan itu berbeda tipis, katakanlah saya gila, tapi saya masih waras juga. Oke, then dimana relativitas judul tulisan ini??? (Helloooo) hahaha.... Begini, saya menulis saat jam 10 pagi dihari kerja (selasa, red). Then ??? Well this is working day, and i should be working not blogging, right?? That's why i'm feeling guilty when i go to visit my januari11.blogspot.com then writing a story (I'm blooggiingg on working hour.....) Damn, I hate this but love blogging (pake double "g" ga sih) hahaha....

Cerita sesungguhnya adalah saya mengajukan cuti (asli resmi ke kantor pusat, hehehe...) selama 3 hari, pergi ke kalimantan dan menyenangkan! Saya kagum dengan bandara barunya Sepinggan, maklumlah suami aslinya samarinda tapi di sana ga ada bandara, sebel deh. Jadi kalo mau hijrah ke sono, harus via bpn dan baru road trip ke smd. Well, perjalanan darat 2,5 jam dan bersama baby girl ceplik, hahaha anakku tidur sepanjang perjalanan, tapi sempet rewel juga sih.... Saya memangku dan menidurkannya selama perjalanan, jangan tanya soal capek, karena ngeliat dia bobok dipangkuanku saja sudah hilang rasa kemeng mangku kowe wkwkwk... Sepanjang perjalanan bukit suharto yang berkelok-kelok itu, ternyata banyak perubahan di jalanan itu. Sekarang lebih rame di ki-ka sepanjang jalan bukit suharto. Tapi tetap saja, capeknya....

Samarinda, kota dengan tidak ada perubahan yang berarti kecuali bandara Sepinggan (itupun bandaranya Balikpapan dan bukan smd ya?) Bandara Sepingan airport taxnya 75.000 /person domestik dan 200.000/person internasional. Masalahnya adalah keamanan memasuki bandara besar itu diragukan, karena kita tidak akan menemukan pemeriksaan didepan seperti kebanyakan bandara pada umumnya, sebut saja Soetha, Juanda, dikedua bandara itu sebelum check-in akan diperiksa tiket dan security checking untuk koper" kita lalu langsung check-in, dan masuk gate. Tapi di Sepinggan, masuk bandara kayak masuk ke mall (bukan mall of indonesia juga, karena masuk mall" senayan aja di check pake alat logam detector itu) disini masuk mah masuk aja. Trus baru deh liat tipi gede yang mengatur kamu masuk check-in gerbang mana, kalo kanan maskapai selain garuda, kiri garuda domestik-internasional. Yah you knowlah kalo garuda selalu punya check-in dan gate khusus. Setelah check-in kita keluar lagi dan masuk gate. Bandaranya kurang secure menurutku. Lha wong masuk kedalem kagak diperiksa sama sekali... Bahkan mall kelas senayan city aja, pas masuk ada logam detectornya, kok bandara baru kelas internasional dan menghabiskan dana trilyunan, sekedar logam detector di gerbang depannya aja ngga ada. Lalu karena sembarang orang bisa masuk, maka toilet di bandara ini, super jorok karena becek, well okelah mereka pakai sanitary kelas 1, koohler tapi kalo becek dan dikubikel tissu aja ga ada, gimana? mirip toilet pgc ngga klo begitu??. I hate their toilet! Even kohler as sanitary... Menurut saya petugas kebersihannya payah, karena saya suruh untuk bersihkan baru bergerak. Trus toilet di dalem gate pun sama saja, lantainya basah becek air ngenang. Bad condition lah pokoknya. Seluruh fasilitas selain toilet, masih oke tapi kalo maitainacenya ngga baik juga termasuk saring dong orang yang masuk, hellooo ini bandara kelas dunia kok di pintu depannya ngga ada penjagaan, masuk-masuk aja orang".... Dan masalah lantai toilet becek, menurut penjaga kebersihannya karena orang-orang suka cebok dibawah katanya, maaf kalo kalimatnya saru, tapi ternyata harus ada signing board, yang ditulisin supaya orang-orang ini lebih terbiasa dg toilet kering yang lebih berkelas. Huh, I'm feeling guilty menulis segini panjangnya hahaha maav yah....


I love Apika dan you're always be my baby....
Mami pika yang menulis blog saat bekerja, dan semoga Sepinggan lebih baik lagi








25 Januari 2014

Akibat Hujan terus-menerus dibulan Januari 2014

Hari ini dan kemarin agak cerah didaerah ibukota Jakarta bagian timur tepatnya di Cawang-Otista-Sekitarnya...
Agak horor mengingat hujan yang dimulai akhir desember sampai sekarang (25 Januari 2014) oke, kenapa topiknya akibat hujan ? karena menurut sense of enginering saya (halah.... apa sih) Jakarta perlu penataan kota terutama tentang pembuangan limbah sampah (atau mungkin lebih keren lagi, pemanfaatan sampah) secara terintegrasi. So, ga bakalan bikin Banjir lagi atau peningkatan infrastruktur pengelolaan limbah, air hujan, dan pengelolaan sampah.

Bulan lalu saya sempet singah di kantor PU pusat di patimura, gedungnya sekarang bagus-bagus yah hehehe (maklumlah terakhir kesono juga pas masih gadis ehem2x :p ) Tapi dari kemegahan gedungnya saya ngga ngeliat saluran air yang terintegrasi untuk pembuangan atau sekedar mengelola limbah air sendiri. Well, menurut saya jadilah contoh untuk menangani air hujan, bagaimana membuangnya, mengolah dan sampai mengatasi banjir (at least) di area kantor kamu dulu. Eit, bukan berarti saya menunjuk PU (kemen Pekerjaan Umum) yang harus mengatasi banjir. Tapi maksud saya paling ngga, dicoba dulu toh nantinya kalo ada proyek-proyek mengatasi banjir akan dikerjakan oleh PU juga.... At least, pernah nyoba.

Akibat curah hujan yang tinggi (khususnya) di Jakarta. Banjir. Air genangan 20-30 cm terjadi di jalanan. Menyebabkan : kebanjiran, sampah membludak, penyakit kulit (karena kalo terpaksa saya suka ke kantor berpayung saja dan bersendal jepit), jalanan lubang karena aspal (yang sifatnya) ga tahan kegenang air.

Saya hanya warga jakarta yang mungkin ga penting ada di ibukota ini. Namun menurut saya, jakarta seharusnya sudah mampu membuat sebuah kota dengan terintegrasi satu sama lainnya. Contoh : Pembuangan sampah (jangan cuma buang dong, tapi diolah juga) emanga sih gampang ngasi komentar daripada ngejalanin. Tapi sebenernya saya udah mulai di dalam rumah saya. Memilah sampah, dibuang dengan terpisah (ya walopun saya ga membuat sampah2 itu jadi barang yang bisa berguna) tapi at least (mungkin) itu bisa jadi contoh saja. Hmmm btw gara-gara jalanan aspal berlubang itu, saya punya pengalaman yang ga oke banget. Hampir jatuh hehehe.
Inilah penampakan banjir di jembatan kampung melayu (dekat tempat tinggal saya)

banjir jakarta 2014
Genangan di Jembatan Kp Melayu
Ku akhiri tulisan ini dengan kalimat doa : "Semoga cepat teratasi banjir di Jakarta"


7 November 2013

Jalan-Jalan Pagi ke Pasar Cawang!

Lokasi berada di jalan cawang baru raya (masuk ke dalam). Kalau naik angkot dari jl otista bisa naik 26 ke arah jalan cawang baru. Hmm apa sih enaknya jalan-jalan pagi ke pasar, notabene pasar tradisional adalah bau apek dan panas. Huhuhui emang seh sodara-sodara tapi sangatlah puas bisa bangun pagi ke pasar trus mandi huehehehe... Pasar cawang ini nampaknya tidak terlalu rame mungkin karena kami datang agak siang jam 8 pagi hehehe, maklumlah mandiin anakku dulu.

Sambil gendong pika kami ke pasar cawang, jalan ke pertigaan trus naik angkot 26 turun pasar cawang belakang (biasanya ada rombong combo xixi), tarif angkot 26 ke pasar naik biasanya seribu sekarang duaribu, dampak naiknya harga bbm *halah.

Nyampe belakang pasar kami lantas beli sayur dan muter-muter nyari katuk, daaann habis sodara, kesiangan rupanya. Beli ikan air tawar itu terakhir agar ga belepotan dikresek karena ikan guramenya difillet langsung sama penjual untuk Mpasi pika tiap hari, selang-seling sama lele haha *apeu lah.
Pulangnya kami menyebrang jalan untuk (kembali) naik angkot 26 menuju pertigaan dan turun di depan toko mebel, lalu jalan kaki ke tempat kami.
Itulah cerita minggu pagi kami hahaha, agak boring sih tapi inilah uraian harga di pasar cawang, mari kita simak :
- Ikan Gurame (difilletin) = 25.000 /ekor *tanggung ga gede
- Ikan Lele = 8.000 /6 ekor *kyknya sekilo-an
- Jamur kancing = 12.000/ kg *seplastik
- Brokoli = 9.000 /kuntum *agakkecil ga gede
- Kol = 10.000 /kuntum *gede deh mrntku
- Sawi daging (sawi kecil2) = 4.000 /4 ikat
- Pare = 8.000/ 4 bh tanggung
- Katuk = 2.000/ ikat kecil (tapi mesti pagi ya datangnya)
- Jagung Manis Muda = 8.000/ 3 bongkol
- Sawi putih = 2.000/ bongkol agak tanggung ga kecil
- Wortel = 8.000 / sekilo kurang dikit (pedagangnya pelit ah)
- Wortel import = 9.000 / 3 batang aja (mahal tapi ini buat Mpasi jadi ya dibeli aje)
- Toge putih = 4.000 /sekresek ga tau brp gram deh mayan banyak kok...
- Telur Ayam = 9.000/ kg
- Telur Ayam Kampung = 1 500 - 2.500/ butir tergantung warna kuning telurnya hehehe
- Kopi Nescafe original = 9.000 /serenteng (isi 12 sachet)
- Combro = 5.000 / isi 10 kadang dikasi 12 kalo pagi belinye hehehe abangnya baek...
Perkiraan sekali belanja habisnya 150-200 ribu lah bisa untuk 4 hari-an