10 April 2012

Operasi Polip Servik (bener ga sih nulisnya)

Apa itu polip?
Kalau menurut bahasa saya, polip itu semacam tumor jinak, yang tidak akan menganggu dan menyebar, namun ada keganjilan dikasus yang saya alami, si polip yang tumbuh dimulut rahim saya ini menganggu jalan lahir bayi dan ehem (proses bikin bayinya, tau kan? hehe) jadi kalo diartikan polip ini tidak menganggu, salah juga ya...
Kemudian keanehan yang kedua, saya juga tidak menyangka kalo ternyata polip yang tumbuh dimulut rahim saya ada 2 biji... Berarti subur ya mulut rahimku, sampe membuat si polip tumbuh bercabang pula (hks)...

Penyebab tumbuhnya polip servik :
Tumbuhnya polip di servik ini agak rancu, karena penyebabnya sulit diprediksi darimana datangnya. Kalau menurut informasi dari suster perawat di rs saya dioperasi, katanya sih akibat banyak makan makanan yang berwarna buatan, msg, ya semacam penyebab tumbuh tumor, tapi bisa juga karena tumbuh kembang badannya tinggi.

Solusi polip servik :
Kalo kata dokter spog yang saya datangi sih katanya harus dioperasi, operasinya pun operasi kecil kok ga lama dan ga berbahaya. OK, saya memilih dioperasi, setelah meyakinkan asuransi yang saya punya bisa mengcover biaya OK (operasi kecil) tersebut. Dan segala blablabla..... harus disiapkan termasuk orang yang mendampingi, hks saat itu saya sedang sendirian di kota metropolitan, suami sedang di Aceh dan keluarga tentu saja di Surabaya, kalo teman sih kasian ya mesti nungguin saya operasi, padahal itu dilakukan saat hari kerja (sengaja biar bisa ditanggani langsung sama dokter spognya) walaupun ada teman saya yang bersedia ijin dari kantornya di daerah cilandak seandainya aku membutuhkan ijin saudara/teman dekat yang harus mendampingi (hks, jadi terharu)

The day :
Setelah memperdebatkan siapa yang mendampingi untuk operasi, akhirnya hari operasipun tiba...
Ternyata hey ternyata operasi itu butuh surat pernyataan bertandatangan langsung suami, hadeh si suami sedang di tengah hutan tuh, tapi ternyata ada mesin fax-nya, jadi si suami wajib membuat surat pernyataan sendiri dan ditandatangani dengan materai lalu di fax ke rs tempat saya dioperasi....
All done, dan si biji polippun sudah diangkat, ada 2 biji yang satu segede kismis dan yang atunya lagi sebiji jagung (lebih kecil) huff.... Leganya....

The Fact :
Saat dioperasi saya sedang hamil, hks... Sampe ngga tau kalo hamil gimana tho... Ternyata walaupun ada polip servick ditubuh saya saat itu tidak menganggu proses pembuahan di rahim saya lho....
Nah, itulah maksudnya si polip tidak menganggu secara langsung karena keberadaannya tapi jika dibiarkan saja tentu akan berdampak sangat negatif untuk saya...

So, semoga yang terpaksa mengetahui adanya polip servick dan harus dioperasi seperti saya, jalanin aja karena demi lancarnya jalan lahir si buah hati nantinya....

Semoga bermanfaat.

22 komentar:

Ciput Mardianto mengatakan...

Moga cepat sembuh din, semoga segala sesuatunya lancar...

Rizki mengatakan...

kira kira biaya operasi polib nya berapa?

Unknown mengatakan...

mbak..aku lg ngalamin polip nie..tp blm positif hamil..
klo bulan oktober haid, aku mau usg transvaginal gtu..dan kalo polipnya masih ada, ktnya prlu dikiret..
dikiret bwt ngangkat polip sakit gak?
trus setelah kiret, langsung bs braktivitas sprti biasa ato bedrest dlu? mksh :)

Dina ™ mengatakan...

Mbak Siti, polip serviks ngga perlu kiret tapi istilahnya cutter, jadi ga kiret krn kalo kiret berarti ngebersihin rahim hmm ga sampe rahim juga sih, jadi menurutku ga perlu kiret, klo hamil dikiret... Ilang janin nya dong, jadi hanya di-cutter mbak... Ngga masalah kok di-cutter dalam kondisi hamil sekalipun. Semoga membantu maaf telat reply ya :)

Dina ™ mengatakan...

Biaya untuk masing2 RS berbeda-beda, kemarin saya di rsia swasta di jakarta timur, kisaran biaya 6jutaan mas Adi, semoga membantu maaf telat reply :)

Dina ™ mengatakan...

Makasih mas Cips, semoga kamu lekas menempuh hidup baru #halah hehe...

Nihaaaa mengatakan...

Mba dina..sy mau nanya,mba stlh polipnya diangkat gmn?ad flek atau pndarahan lg gak?sy jg diangkat polipnya pas hamil 17mgguan..sama dokter akar polipnya dak brani diangkat krn katanya takut beresiko kejanin..hanya saya masi ada keluar sekali2 flex dan cokelat..dan keluar prnh keluar darah encer spt sblm diangkat..mohon sharenya ya mbaa...makasi mbaaa..
salam kenal
rahma

Dina ™ mengatakan...

Waktu selesai diangkat polipnya. Polipnya di patologi hasilnya tidak bahaya, artinya tidak muncul lagi (mungkin ya) tapi kok saya malah gag tau ada akar yang mesti diangkat ya, krn dokternya juga cuma me cutter saja. Setelah di operasi ga ada masalah, ga ada pendarahan kalo flek adanya malah setelah melahirkan, biasanya setelah mens selalu ada flek (sebelum hamil gag pernah) jadi itu menurut saya mbak....

Unknown mengatakan...

Mbak +Dina waktu operasi terasa sakit gak mbak ??? Aq jg sama kya mbak ada polip serviks n lg hamil tp aq takut mau operasi.

Unknown mengatakan...

iya mba Dina sakitnya seperti apa saat diangkat polipnya??

Unknown mengatakan...

Ikutan share ya bunda2...
Saat ini usia kandungan saya 12 minggu dan tervonis oleh dokter kandungan bahwa terdapat polip serviks. Saran dokter harus diangkat tp saya masih galau krn takut terjadi pendarahan banyak dan berakibat keguguran.

Melon168 mengatakan...

Wah sama saya malah ketauannya baru saja, blom lama padahal dari awal hamil periksa dlm juga gk kliatan,,,, jd parno sampai saat ini msh sesekali flek and keputihan juga,,,, kata dokter gk perlu di ambil nunggu lahiran baru di ambil,,,
Ya Allah jd galau bngt,,, mb, dl pas polip mb bedrest terus atau ttp aktifitas ya mb? Ak baru 16 minggu perjalanan msh panjang,,,, sedih

Maria Marsel mengatakan...

Hallo hallo semua.. Puji Tuhan trnyata sya tidak jdi dioperasi Polip n baby q lahir dg selamat,skg si kecil sdh 20 bln. Sebelum lahir kata dokter polip q sudah gak ada,entah kmana,,sungguh muzizat Tuhan. Tuhan mengerti rasa takut ini,akhrnya Tuhan dgr doa saya. Setelah lahiran pun klo hubungan dg suami jg tdk keluar darah lagi,yg penting happy n jngan bnyak pikiran,juga jaga pola makan ya ibu ibu.. Buat semua yg masih dlm keadaan galau ayuk berdoa n smga polipnya hilang sprti saya. Dan sya berdoa supaya ibu" n baby nya smua sehat n persalinan lancar. Amin

Anonim mengatakan...

Mbak din ak baru keguguran d usia kehamilan 3 bln kmarin krna dr 5w aku ngeflek trs smpe akhirnya terjdi pndarahan dan kandungannya kuar sendiri lanjut kuret buat bersihin rahim tapi kata dokter harus d oprasi krna ada polip, saya masih agak takut buat oprasi mba.. gimana rasanya mba? D bius total gak ? Krna aku pengen hamil lg jd hrs d angkat dlu polip nya mksih

Anonim mengatakan...

Mbak din ak baru keguguran d usia kehamilan 3 bln kmarin krna dr 5w aku ngeflek trs smpe akhirnya terjdi pndarahan dan kandungannya kuar sendiri lanjut kuret buat bersihin rahim tapi kata dokter harus d oprasi krna ada polip, saya masih agak takut buat oprasi mba.. gimana rasanya mba? D bius total gak ? Krna aku pengen hamil lg jd hrs d angkat dlu polip nya mksih

Maria mengatakan...

Mbak.operasi polip di mulut rahim itu seperti apa sih?apa seperti kuret

Maria mengatakan...

Mbak.operasi polip di mulut rahim itu seperti apa sih?apa seperti kuret

Anonim mengatakan...

Alhamdulillah setelah keguguran 3 bln dan d kuret , jd ketahuan ada polip serviks, 3 bln stlahnya saya ajukan untuk oprasi eh saya d Kasih hamil lg sm allah, tapi it g bertahan lama, kehamilan 6w kguguran lg, sebulan kmudian akhirna oprasi polip, gak sakit kok karna bius total sama kaya d kuret.. pertanyaan saya buat yg udh pengalaman, saya butuh waktu brpa lama ya untuk bikin dede bayi lagi? Makasih

Anonim mengatakan...

Alhamdulillah setelah keguguran 3 bln dan d kuret , jd ketahuan ada polip serviks, 3 bln stlahnya saya ajukan untuk oprasi eh saya d Kasih hamil lg sm allah, tapi it g bertahan lama, kehamilan 6w kguguran lg, sebulan kmudian akhirna oprasi polip, gak sakit kok karna bius total sama kaya d kuret.. pertanyaan saya buat yg udh pengalaman, saya butuh waktu brpa lama ya untuk bikin dede bayi lagi? Makasih

Unknown mengatakan...

Operasi polio tidal berbahaya,kemaren 13 Nov 2017 says operasi polip di rscm, says ga dibius,tapi sakit ngilu ditahan aja,,nanti dikasih obat penghenti pendarahan.

Dina ™ mengatakan...

hai hai maaf jika baru posting jawaban, hehehe....
Untuk biaya beda-beda ditiap rumkit ya... bisa tanya ke bagian administrasinya tiap rumkit beda-beda, thn 2011 itu saya kena 6juta-an tapi karena tanggungan asuransi jadi cuma inget angka depannya.
untuk bius, kebetulan saya minta bius total karena takut operasi tapi memang disarankan dokter anastesi nya juga jadi saya setuju saja. dan jika kondisi pasien baik bisa langsung pulang kok, tapi karena saya saat itu harus menginap 2 hari, kondisi hamil muda mungkin pengaruh ya... hihihi dah lupa napa harus inap... itu juga udah ngga betah hehehe...
Demikian update yang sangat lama dari kejadian dan sampai sekarang tidak ada keluhan dengan polip servik ya, jadi ngga tumbuh lagi ataupun ada keluhan keputihan... cheers....

Unknown mengatakan...

Mbk nihaa bs minta kontak wa mau sharing soal polip yg tdk diangkat sampai akar..trmksh