4 Mei 2010

Mengatur Keuangan dan Belanja ?!?

Nah, ini yang lagi jadi musuh besarku. Shopping Holic... Sebenernya aku bukan penggila belanja, tapi akhir-akhir ini jadi suka banget belanja. Pusing sedikit maunya belanja, gawat deh :p

Akhirnya buat mengusir otakku yang pengen blanja aja ini, aku browsing aja mengenai mengatur keuangan dengan bijak, lalu terbacalah sebuah artikel yang malah menyuruh belanja, gawat kedua!! :p Tapi tunggu dulu, maksud artikel itu adalah belanjalah jika ada diskon dan mungkin barang itu akan berguna untuk anda dikemudian hari. Menumpuk barang yang belum kita butuhkan... Itu simpulanku sendiri, tapi dengan pekerjaan yang harus berpindah-pindah seperti yang saya lakukan sekarang, sangat merepotkan jika harus membawa banyak barang untuk diajak berpindah-pindah, ahh ngaco deh nih artikel, pikir saya. Tidak tepat sasaran jika untuk saya harus berbelanja misalnya sebuah dress, apakah saya akan memakai dress??? wew, sangat jarang! maka saya putuskan tidak akan membeli dress walaupun sedang keadaan diskon sekalipun.

Menemukan pola belanja itu penting, supaya apa yang kita keluarkan sesuai dengan pemasukan kita.
Misalnya :
  • Jika Anda bekerja memakai seragam kerja seperti saya, ya sudah pangkas pengeluaran untuk baju-baju kerja, belilah jika memang dibutuhkan tapi ingat memiliki blazer warna hitam >> It's a must <<>
  • Lalu untuk pengeluaran membeli gadget, ingat sesuaikanlah dengan pemasukan dan kegunaanya jangan memaksakan demi tren lalu Anda beli BB (merk yang lagi tren untuk ponsel) padahal online aja cuma buka fb,twitter ato malah messanger aja, lalu pikirkan juga kegunaannya, misal Anda pebisnis butuh info valas dan online setiap saat, maka memang cocok untuk Anda memakai ponsel online ini, tapi saya disini hanya menulis jika tidak berkenan mohon abaikan saja.
  • Single atau sudah berkeluarga, jika sudah berkeluarga pasti lain lagi ya kebutuhan dan keperluannya, karena saya belum berkeluarga alias single makanya untuk kebutuhan keluarga saya skip dulu ya, hehe
Nanti saya update lagi :)

1 komentar:

Ciput Mardianto mengatakan...

sak no bojomu mben din, dek e ndolek duwek ngoyo2, kon blonjo sing ra penting - penting.... weleh