30 September 2009

Harga sebuah S1

Silau dengan gelar?? Jangan dulu, kalo ingin belajar dipeguruan tinggi negeri memang harus melalui jalur SPMB tidak bisa dipungkiri memang harus "fight".
Lalu jangan ragu jika memang kemampuan orang tua kurang mendukung disaat kamu masuk peguruan tinggi negeri itu nanti akan banyak beasiswa menanti untuk diambil.
Jika kamu ingin masuk PTN disurabaya, biaya hidup relatif murah, kos-kosan saja 200rb-an, hehe...
Lalu bagaimana dengan harga S1 di ITS???
Ini rincian biaya hidup saya selama di ITS (akademik only)
Saya angkatan 2004 diJurusan Teknik Sipil ITS (kampus asri nan adem :p)
Waktu daftar ulang saya membayar 4.550.000 (sudah termasuk uang kuliah disemester 1)
Lalu per Semesternya saya membayar 1.050.000 (saya kuliah 8 semester,lulus tepat 4 th)
Berarti pengeluaran saya total adalah 4.550.000+(7x1.050.000)=Rp. 11.900.000,00
Kalo per minggu orang tua saya memberi uang saku 50 rb saja (hiks) berarti selama 4 th pengeluarannya adalah Rp. 9.600.000,00
Sehingga total pengeluaran untuk biaya saya kuliah adalah Rp. 21.500.000,00
Wow, uang ditabunganku belum pernah mencapai angka itu... :( lalu gimana caranya balik modal ya???
Ini cuma sharing semoga jadi lebih bermanfaat untuk yang ingin berinvestasi didunia S1, hehe... Selamat mencoba!!!

2 komentar:

Ciput Mardianto mengatakan...

blog walking din.
awakmu mbok itung - itung sak mono yo. paling nek aku luweh ketoke. ndekos, uang jajan, uang lain - lain. ketokke luweh nek aku. urung nek njajan nang cakwin.

terus awakmu tekok carane mbalekne duwit kuliah. yo kerjo tho din, terus sing penting di tabung.

Dina ™ mengatakan...

harga diatas cuma gambaran kalo saja ada yang ingin ambil S1 di ITS secara akademik aja, soal uang saku relatip, ya monggo dihitung sendiri kalo memang ingin ambil S1 di ITS (sebuah harga S1 'termurah' dgn harga Institut.... Matur sesemme