20 Agustus 2010

Belajar Mengatur Keuangan ?


Setelah aktif dan suka membuka jejaring sosial "twitter" dan memfollow pak SafirSenduk saya makin mengerti gimana caranya mengatur keuangan....

Belum banyak ilmu yang saya tau tapi selalu saja ingin sharing di-blog ini hehe... Menulis itu menyenangkan!! Berbagi tulisan tentang apa yang saya dapat bisa menambah pengetahuan para blogger yang (mungkin) belum tau atau seperti saya yang masih "Belajar Mengatur Keuangan"...

Jadi menurut si Pak SS kalo kita seorang pegawai dimana hidup-mati pengeluaran kita hanya tergantung dari gaji maka harus pintar mengatur cashflow-nya.
Buat dana cadangan minimal 30% dari gaji (sisihkan tiap bulan)
Jika ada pemasukan lain dari gaji Anda, buat lagi post dana-dana lainnya, (aduh ribet amat yak T_T). Awalnya saya mikir ribet dan aneh juga knpa harus buat dana cadangan dll.... Ternyata ini perlu, Pengalaman temen saya yg curhat akibat orang tuanya (baca:Ibuk) sakit stroke sedangkan dia inves semua tabungan ke deposito (berjangka dan kena denda kalo dicairkan sebelum waktunya) dia kelabakan nyari pinjeman (termasuk ke saya), Akhirnya sekarang saya jadi mikir ternyata perlu juga Dana Cadangan ini, jadi jangan invest semua tabungan kamu ke deposito ataupun reksa dana. Nantinya kayak temen saya ini lho.... (Ngerepotin aja, hehe).

Buat Dana Cadangan "khusus"
Maksudnya mirip yang saya gambarkan diatas itu, saat ortu km atau saudara atau mungkin malah kamu sendiri mendapat penyakit jadi ga repot. Khusus untuk dirimu sendiri, kalo ada dana lebih, beli Asuransi! (Jika kantor ga menanggung biaya kesehatanmu!)
Beli Asuransi (Jika perlu)
Jika punya hobby mahal (deskripsi tergantung pikiran masing-masing aja ya, hehe). Boleh aja, asal.... sisihkan dulu untuk Dana Cadangan itu, Contoh nih : Tiba-tiba Charles and Keith diskon gede2an, boleh beli sepatu or tas tapi pilih model yg umum dan bisa dipakai segala keadaan. Jadi bisa dibilang hemat buat yg gila belanja.
Buat Budget Belanja (ini bagian tersulitnya)
Tiap bulan post-in untuk belanja tapi ingat jika mau belanja diatas budget harus ada konsekwensinya bulan depan tidak ada anggaran belanja lagi.... Benar-benar bagian tersulit.... :(
Jika ada dana lebih, Investasi Rumah, Reksa Dana, atau Emas. (ada lagi ga? investasi lainnya)
Ini perlu kalo ga dipaksain nantinya ga bakalan kebeli lho.... Investasi dibidang properti itu penting, karena nilainya akan naik. Bisa untuk Kos-Kosan jg lho :)

Semoga membantu ya ibu-ibu.... eh Blogger jg, hehe... :p

3 komentar:

Kucingarongeongeong mengatakan...

kalo investasi baju kerja gimana? sepatu bukan termasuk investasi yah?
*hahahaha

Dina ™ mengatakan...

:D *thinking hard hahaha

info rencana keuangan mengatakan...

salam kenal, artikel yang sangat bagus, memang susah susah gampang mengatur keuangan, namun sangat besar manfaat yang saya rasakan setelah berhasil menerapkan pengaturan keuangan dalam keluarga saya. Saya sangat menyarankan teman - teman yang lain untuk terus belajar dan menerapkan prinsip pengaturan keuangan dalam kehidupan.
Sukses untuk kamu